Mengatasi Print Epson WF7711 error 031006

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Bagaimana kabar sahabat semua, semoga di bulan suci Romadhon ini, selalu diberi kesehatan dan sampai hari ini puasanya tetep semangat dan tidak bolong2 he..he... .

Pada kesempatan ini saya sebenarnya mau curhat, dan berbagi pengalaman dengan di WF7711. Critanya kemarin, si doski saya suruh nyetak cukup full, sekitar 120 halaman A3, iseng2 buat wall paper. .... eh... ternyata salah terus, cetak lagi cetak lagi... akhirnya ... warna Blacknya .. garis2.
Iseng2 tanya mbah Google, ada solusi, headnya diberi cairan pemutih. Karena pemutih tidak ada, akhirnya saya pakek sabun cuci piring.... dan setelah sedikit ditetesi campur air.... diamkan beberapa saat... akhirnya, si hitam normal lagi... Alhamdulillah.

Proses cetak pun akhirnya berlanjut, cetak- cetak - cetak, si Biru, yang rewel garis2..... dari cara kemarin pakek sabun cuci piring  cukup mujarab, akhirnya .. saya coba lagi dengan cara yang sama, namun kali ini agak sedikit saya lebihkan, dengan harapan, semua warna yang garis menjadi lurus mulus semua..... :)

Namun apa yang terjadi!!!..... gak tahu cairan terlalu banyak atau muncrat dsb. menjadikan printer malah tidak jalan. Si Doski bilang " kesalahan 031006, buang kertas, matikan dan nyalakan lagi", cek info properties di PC, katanya : ada kertas nyantol di bagian scan.
Saya coba bongkar (tarik2 sesuai SOP Epson), lihat, apa mungkin ada kertas atau isi staples nyangkut di sana, ternyata bersih... tiada setitik debu eh... maksudnya kertas atau isi staples yang ada. Kemudian sesuai dengan kata Doski " matikan .. nyalakan lagi" , saya matikan dan saya nyalakan lagi, ternyata masih tetap sama "ERROR 031006", coba berulang kali, jawabannya tetap sama.

Ah... dengan perasaan yang pasrah, campur gundah, sedikit sumpah serapah :), akhirnya, saya coba bongkar Head Epson, Lepas semua kabel, cuci head, semprot2 pakek Suntikan sampai semua tinta di head bersih, dan aku gunakan blower untuk membuang cairan2 di head sampai bener kering. Demikian juga kabel2 dibersihkan pakek tisue sampai bersih dan kering. Dan pasang lagi headnya.


Kemudian, dengan banyak berdizikir dan memohon kepada Allah SWT, aku pasang kabel power dan USB, dan aku nyalakan kembali ..... dan .... jrengggggg!!! komentar  error 031006 sudah hilang dan berubah menjadi OK.

Demikian curhat saya, semoga bermanfaat bagi yg punya derita saya dengan saya he...he...he..
selamat beraktifitas dan Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Eit... ada sedikit tambahan :

Kalau masih belum bisa membersihkan head Epson WF 7711, silahkan lihat VIDEO INI





0 komentar: